13 Apr 2016

PHK BERBUAH BERKAH

Bachtiar Nasir

Abdurrahman bin Auf, salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga, setibanya di Madinah mendapatkan tawaran fasilitas dari sahabat Ansor. Namun Abdurrahman Bin
Auf berharap ditunjuki Pasar. Di Pasar, Abdurrahman bin Auf menjadi kuli panggul dari pagi sampe sore.  Jiwa kemandirian yang begitu tinggi.



Ketika di PHK seharusnya dipahami dengan keluar dari zona nyaman ke zona nyaman yang lebih baru. jadikan PHK sebagai tantangan. Namun juga sangat diharapkan kehadiran negara ketika orang kehilangan pendapatan karena mereka yang di PHK tadinya adalah warga yang bayar pajak. Ketika orang yg membayar pajak di PHK maka negara harus bertanggung jawab. Ketika negara belum bisa hadir maka demo dijadikan sebagai ekspresi di negara demokrasi.


Hal-hal yang dituntut oleh perserikatan buruh antara lain:
1. Negara perlu menerapkan sistem jaminan pensiun kepada buruh.
2. Memberikan pelatihan sebagai upaya preventif. Training sebagai investasi.
3. Negara mempersiapkan BLK.

Setelah di PHK maka segeralah berrtindak dan jangan banyak berfikir nanti bagaimana ketika kehilangan pendapatan. Ketika ada kemauan maska pasti akan ada jalan. Banyak peluang usaha setelah di-PHK. Perbanyak syukur, ketika mendapatkan nikmat ucapkan:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ
Artinya: Segala puji bagi Allah yang dengan nikmatnya bertambahlah keshalihan. 

Ketika mendapatkan musibah, tetap bersyukur dengan mengucapkan  

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
Artinya: Segala puji bagi Allah atas segala hal

Ketika ingin berbisnis maka segera jalani yang bisa dilakukan. Tak perlu melihat bakat apa yang kita miliki. Hobi bukan segalanya. Yang dinilai adalah proses. Semua bisa dipelajari. Semua yang kita usahakan pasti akan dapat dilihat hasilnya.

وَاَنْ لَيْسَ لِلْاِنْسَانِ اِلَّا مَا سَعَى (النجم: ٣٩ )
“Dan bahwa seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.”(QS,an-Najm:39)

PHK bukanlah akhir segalanya. Masih banyak peluang mejemput rizki yang telah Allah hamparkan di muka bumi ini. Ketika ingin berbisnis maka hindari mencari modal dengan berhutang. Harus bersabar  dengan modal dari apa yang telah kita miliki.

Ketika di-PHK maka yang seharusnya dilakukan adalah:

1. Perbanyak istighfar

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai(QS, Nuh: 10-12)

2. Yakin bahwa dalam satu kesulitan akan datang dua kemudahan
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Artinya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(QS, Al-Insyirah: 5-6)

3. Segera melakukan aktivitas bermanfaat
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ
وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ
Artinya: Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (QS, Al-Insyirah: 7-8)

Setelah melakukan ketiga hal di atas, maka tunggulah akan datang keajaiban yang tidak terkirakan. Namun tetap, selain yakin dengan jaminan dari Allah, juga harus dibarengi dengan regulasi pemertintah yang lebih memihak rakyat kecil.

Setiap orang pasti memiliki masalah. Maka hebatkanlah diri kita. Perbanyak berpikir untuk kemajuan diri sendiri. Jangan bergantung dengan orang lain. Ketika suami di-PHK maka anggota keluarga harus sadar bahwa jiwa suami akan labil. Selalu mendukung suami. Do'a istri amat diperlukan.


فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ
فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ

Artinya: Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai, dalam surga yang tinggi,(QS, Al-Haqqah: 21-22)

Berbisnispun perlu dilakukan dengan cara yang kreatif. Prinsipnya sedikit kerja tapi hasilnya berlipat. Tidak berleha-leha, lakukan hari ini apa yg bisa kerjakan. Jangan takut miskin karena ketika ada perasaan takut miskin berarti ia telah miskin.
---
Program Makna & Peristiwa TVOne, Senin-Jumat 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar NasirSaid Iqbal (Presiden KSPI, Aktivis Perburuhan), Anang Sudjana (Pengusaha Korban PHK), Teuku Wisnu (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer