16 Apr 2016

Ayah dan Anak Laki-Lakinya: Majelis Ayah

● Ayah yang baik mempersiapkan hadirnya anak sejak membaca do'a ketika menumpahkan sperma ke istrinya. Tidak sekedar kebelet.
● Kacau jika ayah tidak seimbang dalam mendidik anaknya. Untuk keduniaan sangat disiplin namun untuk keakhiratan amat longgar. Banggalah jika punya anak laki-laki yang sejak kecil sudah terbiasa segera ke masjid ketika mendengar adzan.
● ...Kama robbayani shagiro, do'a tersebut mengisyaratkan
bahwa orang tua menyayangi dan mendidik anak sejak anak masih kecil.
● Orang tua yang paling baik itu memiliki tuntutannya dan responnya tinggi (ayah otoritatif). Allah akan memampukan orang tua tersebut. Jadilah ayah visioner. Fasilitasi anak.
● Hal yang paling membahagiakan ayah yaitu ketika anak sadar berjuang dalam hidupnya untuk membahagiakan ayahnya. Kisah Ismail disembelih.
● Ketika anak masa kini jauh dari ayahnya maka anak rentan lari ke peer grupnya bahkan bisa melakukan bullyside atau bunuh diri.
● Ayah perlu memberikan tantangan kepada anak laki-lakinya. Tentu dengan perhatian ayahnya. Tumbuh kembang kompetensi anak tergantung dari psikososial ayahnya.
● Ayah perlu meyakini anaknya bahwa ia mampu menghadapi tantangan.
● Ajari anak laki-laki untuk tidak mencari musuh. Namun ketika terpaksa melayani musuh maka jangan mundur. Tetap punya prinsip berdamai.
● Berbagi peran antara ayah dan ibu. Ibu bagian pengurus hal rutin (menyusui, dll). Ayah bagian menceritakan kisah-kisah Sahabat Nabi.
● Ketika terpaksa bercerai dan anak tinggal bersama dengan ibunya maka anak tetap dicarikan asupan ayah biologis. Bisa dari kakek atau pamannya. Juga ayah ideologis (yang tidak menyekutukan Allah).
Ust. Bachtiar Nasir ketika kecil dihujamkan ayahnya untu menjadi ulama agar ketika meninggal tetap dikenang orang lain. Ayah selalu mendo'akan anaknya.
● Jadilah ayah yang amanah. Anak adalah titipan Allah. Ayah hanya berusaha agar anak bisa meneladani keimanan ayahnya.
● Tuhfatul Maudud karya Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah bisa dijadikan referensi.

=====
Resume Majelis Ayah Bersama Ust. Bachtiar Nasir setiap Sabtu pekan ke-3 Pkl. 20.00-22.00 WIB di AQL Islamic Center Tebet.

Oleh Maryulisman
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer