20 Apr 2016

Kita Tak Hidup Sendiri


Elly Risman: Kita gak punya ilmu sehingga perlakuan kita dengan masyarakat tidak tepat. Ketika berinteraksi kadang kita gak pikir perasaan tetangga. Untuk itu kita perlu melihat bahasa tubuh tetangga kita. Perasaan bagi manusia adalah penting.

Octa Viantary: Supaya komunikasi dengan warga berjalan lancar maka setiap warga perlu mengetahui karakter masing-masing tetangganya.

Elly Risman: Maraknya penggunaan gadget untuk berkomunikasi menyebabkan hilangnya kehangatan hidup bertetangga. Komunikasi di gadget tidak bisa melihat bahasa tubuh. Tetangga yang marah hanya karena air mengalir di depan rumah bisa jadi karena sedang konflik dengan istrinya.

Ustadz Bachtiar Nasir: Saling menghadiahilah maka kamu akan mencintai. Ketua RW perlu mengatur hidup bertetangga. Di perumahan biasanya karena parkir mobil saja menyebabkan ributnya tetangga. Juga berisiknya kehidupan tetangga menjadi permulaan ributnya antar tetangga. Kitanya dulu yang jangan menganggap tetangga bermasalah. Ketika membuang kotoran bayi perlu ditutup rapat dengan plastik agar tiadk tercium baunya oleh tetangga.

Elly Risman: Ketua RW mengajak warga untuk mengadakan perkumpulan atau silatuahim, di masjid misalnya. Hali ini bisa mengatasi tawuran antar warga.

Ustadz Bachtiar Nasir: Bertetangga itu bagian dari keimanan seseorang. Memuliakan tetangga berarti beriman kepada Allah dan hari akhir. Jika berangkat dari tingginya keimanan seseorang maka dapat menimbulkan akhlak-akhlak baik kepada tetangga.

Elly Risman: Mengatasi konflik antar tetangga dengan cara dengan dua cara: 1) Kita sebagai pribadi apakah sudah bahagia dengan diri sendiri? Masalah biasanya karena kita belum beres dengan diri sendiri. Perbaiki karakter kita. 2) Kita harus punya ilmu. Dimulai dari ilmu pengasuhan anak sendiri dan anak tetangga. Anggap anak tetangga seperti anak kita sendiri.

Octa Viantary: RW 13 mentradisikan makan bareng dipinggir kali code yang dilakukan oleh Ibu-ibu dan bapak-bapak. Tapi belum menyentuh para pemudanya.

Ustadz Bachtiar Nasir: Jadikan masjid sebagai tempat berkumpulnya warga. Disinilah perannya pengurus masjid. Setelah shalat upayakan tidak langsung pulang, berkomunikasilah dengan warga. Islam mengharagai non muslim dengan menunaikan hak-hak kemanusiaan dan hak-hak tetangga. Tetangga kita adalah saudara kita.

Elly Risman: Perlu ada waktu untuk berkomunikasi dengan tetangga. Pada saat moment-moment penting di lingkungan rumam manfaatkanlah untuk berkomunikasi dengan tetangga. Mesti ada hak tetangga yang perlu dipenuhi.

Octa Viantary: Setiap ada warga baru yang dilakukan oleh RW adalah merangkulnya. Hidup tidak sendirian di dunia ini. Tetangga itu saudara kita.

Ustadz Bachtiar Nasir: Di kota-kota kerap terjadi tetangga yang tidak berkomunikasi bertahun-tahun. Maafinlah kesalahan tetangga kita. Tetangga yang merasa tidak aman dengannya berarti imannya dipertanyakan. Ketika mendamaikan dibolehkan berbohong untuk kebaikan tetangga kita terutama para tokoh masyarakat dan tokoh agamanya. Konflik terjadi karena kegagalan mendamaikan warganya. Kita wajib mendamaikan warga yang berselisih.

Elly Risman: Setiap tingkah laku ada motif dan tujuan. Jika kita tidak tahu motif dan tujuan orang lain yang bersikap tidak baik maka bersikaplah pemaaf.

Ustadz Bachtiar Nasir: Orang yang paling bahagia adalah yang bisa membahagiakan orang lain. Orang yang paling sengsara adalah orang yang mengharapkan dibahagiakan orang lain.

Elly Risman: Tiga hal yang perlu dilakukan ketika terjadi konflik, yaitu: Memaafkan, mengampuni, dan musyawarah. Kita putusin saja segala kejelakan masa lalu.

Ustadz Bachtiar Nasir: Q.S. An-Nisa: 36, Perintah memenuhi hak-hak tetangga. Termasuk memenuhi hak-hak di ketika berkomunikasi di gadget. Hindari main potong komunikasi dalam gadget, bersabar dalam memposting informasi baru ketika informasi sebelumnya masih dalam proses pembahasan, sehingga alur komunikasi tidak tuntas dalam grup. Sebaik sahabat menurut Allah adalah yang terbaik bagi sahabatnya. Jagalah persahabatan sampai mati. Jadilah orang yang membahagiakan tetangga.

=====
Program Makna & Peristiwa TVOne Setiap Senin-Jumat Pkl. 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Elli Risman (Psikolog), Octa Viantary (Mahasiswa Psikologi sekaligus Ketua RW Berusia 24 tahun), Zeezee Shihab (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer