25 Apr 2016

Mencari Pemimpin bukan Penguasa

Antara pemimpin dan agama. Tak terpisahkan pastinya. Manusia yang berketuhanan atau yang beragama ketika memilih peminpin maka harus "bertanya" pada Tuhannya. Miris dengan Fenomena foto kampanye yang menggabarkan seseorang memperlihatkan tulisan "saya muslim, pilih Ahok" berlatar Ka'bah.



Kriteria pemimpin dalam Islam antara lain shiddiq, amanah, tabligh, fathanah. Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Pemimpin harus bersikap adil agar bisa menyelesaikan persoalan. Islam memandang kepeminpinan dalam dua tugas pokok yaitu meninggikan agama dan mengurus umat. Pemimpin Islam ternama antara lain Raja Abdul Aziz, Zulfikar Ali Butho, Yasser Arafat, Gamal Abdul Nasser.

Menata aparat agar menjadi baik mentalnya. Ada masalah pemilihan aparat dari proses rekrutemen. Tidak dipungkiri terjadi transaksi di DPR ketika ingin menetapkan pemimpin lembaga-lembaga yang ada di negeri kita. Ada transaksional. termasuk zholim.

Pemimpin yang tidak amanah dikecam Allah di akhirat kelak. Ada malaikat khusus untuk pemimpin yang zholim yaitu malaikat jabaniyah.

Sebelum diputuskan calon pemimpin oleh KPU, maka tidak termasuk curi start kampanye ketika mempromosikan calon pemimpin. Masyarakat harus dididik untuk tidak terpengarauh oleh media sosial. jangan terlalu percaya proxy war di media sosial.

Pernyataan keliru Sa'id Aqil Siradj mengenai pemimpin non muslim yang jujur lebih baik dari pemimpin muslim yang tidak jujur. Pernyataan tersebut tidak ada kaidah qiyasnya. Ada kepentingan lain di belakang pernyataan ketua ormas islam terbesar di negeri kita tersebut.


Refleksi kepemimpinan Umar bin Khatab. Beliau selalu bangun di malam hari untuk melihat keadaan rakyatnya. Memiliki sifat zuhud, meletakkan kekayaan di luar hatinya. Lemah lembut terhadap istrinya. Teladan dalam perkataan dan perbuatan.

Kontekstual dari negeri kita yaitu diperlukan pemimpin yang tegas dan punya hikmah. Hanya di Jakarta yang mengusir rakyatnya dengan menggunakan polisi dan tentara. Seakan-akan rakyat dihadapi dengan penguasa bukan pemimpin.

Pidato Bung Karno menjelaskan tidak harus menjadikan Indonesia menjadi negara muslim tetapi setiap warga muslim harus memilih pemimpin yang muslim yang tidak melaksanakan transaksional. Rasanya tidak masuk akal jika muslim memilih non muslim.

Cari pemimpin jangan cari penguasa. Jika ada penguasa yang tidak menjalankan kepemimpinannya maka lawan jangan ditaati.

= = = = =

Program Makna & Peristiwa TVOne Setiap Senin-Jumat Pkl. 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Agus Pambagio (Pakar Kebijakan Publik), Mahfudz MD (Pakar Hukum Tata Negara), Teuku Wisnu (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer