11 Des 2017

Inilah Kuncinya Surga

Suasana pengajian di kediaman Calon Anggota DPRD Kab. Bogor

Ust. Dede Sulaeman mengisi NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) di kediaman Calon Anggota DPRD Kab. Bogor, Atma Wijaya. NGOPI rutin dilaksanakan setiap hari Senin. Dimulai pukul 20.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Pembahasan kali ini mengenai kunci pintu surga. Ucapan yang baik setelah bacaan Al-Quran adalah lafadz Laa ilaha illa Allah. Lafadz tahlil tersebut sebagai miftahul jannah, kuncinya pintu surga.


Promo Buku "Pesan Langit" 
Karya Kader Ulama Klik Disini
 
Kalimat Ilah menggunakan isim nakiroh. Ada 12 huruf yang terkumpul dalam lafadz tahlil. Dari 12 huruf dalam lafadz tahlil terbagi dalam dua bagian. Bagian dzohir dan bagian batin. Bagian dzohir ada enam yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat, haji dan jihad.

Bagian batin juga ada enam, diantaranya sabar, tawakal, taubat. Dengan kalimat tahlil kita dihidupkan. Dengan kalimat tahlil kita dimatikan, dan dengan kalimat tahlil kita dibangkitkan. Dalam Al-Qur'an terdapat lafadz tahlil sebanyak 37 kali.

Dalam buku Himpunan Dalil dalam Al-Qur'an dan Hadits Jilid 1 yang disusun oleh Ahmad Muhammad Yunus, tercantum beberapa hadits mengenai orang yang meninggal dalam kalimat laa ilaha illa Allah. Hadits pertama yang diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Malik r.a., dari bapaknya, katanya dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Siapa yang mengucapkan laa ilaha illa Allah, dan dia kafir dengan sembahan selain Allah, haram harta dan darhnya; sedangkan perhitungannya terserah Allah.

Hadits kedua masih diriwayatkan oleh Muslim, dari Usman r.a., katanya Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa mati dalam keadaan dia yakin bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, maka dia masuk surga.

Oleh Maryulisman

Emas Mini

Entri Populer