29 Apr 2016

Cemburu, Antara Cinta dan Logika

Cemburu tidak boleh merusak rumah tangga. Lumrah jika cemburu seringkali dilakoni oleh wanita. Menurut Islam cemburu adalah wajib karena fitrah manusia untuk menjaga keutuhan keluarga. Suami boleh cemburu karena ketika aurat istri diumbar kemana-mana. Cemburulah untuk membela agama Allah.


Cemburu itu bagian dari iman. Fitrah memang. Al-izzah (hormat) dan al-adl (keadilan) adalah bahan pokok dari cemburu. Yang paling cemburu adalah Allah. Cinta dan marah antar pasangan hanyalah karena Allah. Bedakan cemburu dengan buruk sangka.

Suami lukai wajah istri karena cemburu buta. Adalah penyakit jiwa jika suami cemburu hinga melakukan KDRT. Emosionalnya dikatakan tidak stabil jika ia memaafkan tapi mengulangi lagi. Lelaki pengecut yang berani melakukan KDRT. KDRT terjadi karena suami tidak bisa menmpati rasa cemburunya. 

Cemburu berlebihan memicu penyakit jiwa. Cemburu adalah bumbu dalam berhubungan. Penganiayaan, penyiksaan bahkan pembunuhan akan dilakukan oleh mereka yang cemburu berlebihan.

Cintailah semua yang dicintai Allah walau kadang kamu membencinya. Bencilah apa yang dibenci Allah walaupun kamu mencintainya. Sifat mulianya Allah diberikan kepada suami sehingga ada rasa pencemburu. Ada setan khusus yang menggoda keutuhan keluarga. Bacalah surat an-Naas. Suami perlu evaluasi jika istri mulai salah tingkah. 

Ketika cemburu dilakukan secara proposional maka akan mengundang pujian Allah. Salah memaafkan lebih bagus daripada salah menuduh.

Mesti ada kedua belah pihak untuk berubah. Cemburu sebagai kontrol keluarga. Setiap pasangan perlu saling percaya dan saling menyayangi. Ketika dibawa ke psikiater maka pasien harus menyadari kondisinya.

Ketika ingin marah kepada pasangan karena cemburu maka bacalah ta'awudz. Selanjutnya terapi dengan wudhu. Sentuh bagian tubuh pasangan yang disenangi oleh pasangan.  

Suami harus tahu dan saling percaya sebelum melakukan pernikahan, yakini bahwa pasangan ini cocok. Sudah ada komitmen dari awal.

Ketika api cemburu membakar hati sehingga tidak tenang maka yakini bahwa Allah sedang cemburu pada kita karena cintanya diberikan penuh kepada pasangannya. Selanjutnya cintai pula Rasulullah sebagai teladan hidup dalam berumah tangga.

= = = = =

Program Makna & Peristiwa TVOne Setiap Senin-Jumat Pkl. 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Five Vi (Artis), Suzy Yusna Dewi (Psikiater), Zeezee Shihab (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer