27 Jan 2012

Usaha Sampingan juga Butuh Motivasi

Banyak orang yang ingin memulai usaha sampingan, tetapi bingung harus memulai dari mana. Berikut beberapa langkah menyusun bisnis sampingan yang saya dapatkan dari jpmi.or.id, situsnya Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia. Semoga dengan sembilan langkah ini usaha sampingan Anda bisa berjalan dan sukses.


1. Awali Dengan Impian dan Imajinasi
Apabila usaha anda ingin sukses mulailah bermimpi dan ciptakan imajinasi sebab membangun mimpi dengan imajinasi yang  kuat yang tertanan dibawah alam sadar kita hal ini akan tercapai cita-cita anda. Bahkan salah satu  perusahaan otomotif raksasa Honda, memilki moto “The Power of Dream”, Kakuatan dari impian, dimana masa depan dimulai dari impian saat ini. Hal ini lah yang mendukung munculnya  inovasi pada produk-produknya.
Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi anda itu menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses. Mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu.

2. Semangat dan Kegigihan
Antusiasme, semangat dan kegigihan adalah sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk mencapai keberhalan. Bila anda loyo, tidak bersemangat dan dan bermalasan, yakinlah tidak lama lagi anda akan segera mengalami keagalan total. Carilah motivasi usaha anda itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang sukses pendahulu anda

3. Kerjakan yang Anda Sukai
Jangan pernah melakukan sesuatu yang tidak pernah Anda sukai, atau Anda akan melakukannya dengan terpaksa. Jika Anda memiliki hobi itu adalah permulaan yang baik. Banyak wirausahawan yang berhasil berkembang karena pilihan usahanya di seputar hobi. Kalaupun Anda menekuni bidang baru, sekali lagi, pastikan Anda menyukainya. Dengan begitu, Anda akan melakukannya dengan totalitas   tanpa memilikirkan rasa lelah.

4. Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis
Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda menyerap ilmu dan pengalaman dan siap sukses.

5 . Jangan Menunda untuk Memulai.
Jika Anda merasa harus berwirausaha, maka jangan menunggu lama. Segeralah mencari segala informasi dan berbagai referensi tentang bisnis yang akan Anda jalani. Jangan menunda untuk memulai, cobalah untuk tidak kehilangan gairah Anda!

6. Jangan Kerjakan Hal Tersebut Sendirian
Hampir mustahil jaka Anda melakukannya sendiri segala sesuatunya! Anda membutuhkan dukungan ketika memulai bisnis, begitu juga setelahnya. Seorang anggota keluarga atau teman tidak jarang akan memberikan ide dan referensi.Tapi yang paling utama adalah dukungan mereka, baik segi moril atau materiil, dan itu bisa tidak ternilai harganya.

7. Tulis perencanaan bisnis.
Alasan penting membuat rencana bisnis adalah ternyata langkah ini dapat membantu Anda menghindari resiko bisnis yang merugikan. Dengan membuat perencanaan bisnis, Anda akan bijak mengatur strategi, begitu juga dengan pemasukan dan pengeluaran. Mulailah membuat rencana bertahap sesuai dengan kemampuan Anda.

8. Bergabung dengan wirausahawan lain
Anda akan mengerjakan banyak penelitian sepanjang rencana bisnis, tetapi itu barulah awalnya. Anda untuk menjadi ahli dalam usaha Anda, produk dan jasa. Jika Anda telah selesai, tidak ada salahnya bergabung dengan komunitas, asosiasi, atau klub sesama wirausahawan. Dengan begitu, maka Anda akan banyak mendapat masukan dari mereka yang lebih berpengalaman.

9. Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain
Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Akan tetapi bagi orang yang berfikir normal akan menjadikan kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu. sebagai gurunya yang membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya

Emas Mini

Entri Populer