2 Feb 2012

Kiat Mengubah Kegagalan Menjadi Kemenangan

Kita semua tentu pernah merasakan kegagalan. Sedari kecil kita semua tahu arti dari kegagalan. misal ketika kita ingin dibelikan sesuatu namun orang tua tidak mengabulkanya. Namun tentunya dari hari ke hari penyikapan kita dengan sebuah kegagalan haruslah mengalami perbaikan. Kegagalan yang terjadi bukanlah akhir dari kehidupan kita. Kita masih bisa menorehkan semangat dalam lembar kehidupan kita untuk menggapai kesuksesan sesegaera mungkin. 


Dalam web ciputraentrepreneurship saya mendapatkan artikel tentang cara bangkit setelah gagal berbisnis. Artikel tersebut tidak hanya untuk para entrepreneur. Tetapi bagi mereka yang bukan entrepreneur tentu dapat mengalami kegagalan pula. Berikut ini kutipan dari web ciputraentrepreneurship yang dapat kita praktikan dalam kehidupan kita.





Menurut Dr. Kubler Ross ada 5 tahapan berduka dalam menjalani proses panjang menghadapi kematian seseorang. Setiap orang terjatuh tetapi tidak semua orang bisa bangkit. Di sini bisa Anda temui saran-saran untuk terus bertahan di jalur yang normal dan mengubah kegagalan menjadi kemenangan:
  1. Kegagalan: Jiwa kita harus melindungi dirinya sendiri dan menyerap apa yang telah terjadi sedikit demi sedikit daripada melakukannya sekaligus dalam waktu yang singkat. Menceritakan cerita gagal secara berulang-ulang agar Anda merasa kuat karenanya. Coba berteman dengan orang-orang yang bernilai positif. melakukan kegiatan luar ruangan atau hadiri pertemuan-pertemuan dalam pusat komunitas yang memiliki minat yang sama.
  2. Jiwa membutuhkan perlindungan atas diri mereka sendiri dan menyerap: Kemarahan harus dilepaskan dengan cara yang benar dan sehat yaitu memulai olahraga, visualisasi dan bernapas. Intensitas olahraga atau durasi waktu seharusnya berhubungan dengan kasih sayang. Bersikaplah baik pada diri sendiri dan semua orang.
  3. Tawar menawar: Hal ini ialah tahapan yang penuh pengandaian. Jauhi pikiran negatif untuk memperlakukan mereka sebagai objek dan bangunlah sebuah percakapan dengan pikiran Anda kemudian Anda bisa menginvestasikan energi untuk meneruskan langkah.
  4. Depresi: Kesedihan timbul dan perasaan itu harus diluapkan, jangan ditahan. Mungkin Anda bisa saja menangis. Tertawa merupakan cara ampuh untuk meningkatkan mood positif. Ini akan membantu membangun optimisme yang realistis dan membuat teman-teman yang lebih positif menghampiri Anda.
  5. Penerimaan: Inilah titik di mana kami berpikir dan merasa bahwa kehilangan itu sungguh-sungguh terjadi. Kita menerima dengan tangan terbuka semua kegagalan dan membangun kepercayaan diri kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya

Emas Mini

Entri Populer