4 Jun 2015

Beginilah Cara Menghilangkan Kekikiran

Sumber: Internet

Ringkasan Tadabbur Al-Baqoroh: 269 Bersama Ust. Bachtiar Nasir
Kamis, 04 Juni 2015 10.00-12.00 WIB Streaming aqltv.com

# يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ
Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). (2:269)

 # Apa persiapan kita untuk kematian kelak? Kain kafankah? Ternyata bukan. Karena kain kafan itu urusan yg masih hidup. Maka yang perlu kita persiapkan adalah amal soleh.

# Disini kita perlu mencari ilmu hikmah yang akan mempermudah kita beramal soleh. Ilmu hikmah yg dimaksud adalah Qur'an dan Sunnah.

# Amat sedikit orang yang mensyukuri ilmu hikmah. Padahal dibanding ilmu lainnya maka tidak ada ilmu yg lebih tinggi dari ilmu hikmah.

# Bagi yg sudah terikat hatinya dengan tadabbur Qur'an maka menyesal ketika tidak mengikuti tadabbur Qur'an.

# Point yg ditekankan dari al-baqoroh : 269 yaitu Mereka yang mendapatkan ilmu hikmah maka merekalah yang beruntung. Bukan yang banyak hartanya.

# Syuhun : pelit dg harta. Sifat syuhun akan dicabut Allah bagi mereka yang dianugerahi ilmu hikmah.

# Ikhlas : melakukan sesuatu hanya karena Allah. Bersedekah karena Allah, berkomunikasi via sosmed karena Allah, mengucapkan salam karena Allah, menerima musibah karena Allah. Ada rasa nikmat ketika menyebut lafadz Allah.

# Syuhun ada 3 komponen yaitu pelit, mauan, dan serakah. Biasanya syuhun hinggap pada wanita. Cara menghilangkan syuhun ada pada QS Annisa : 128 dan Al-Hasyr : 9

# وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۚ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ 
Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung. (Al-Hasyr : 9)

# وَإِنِ امْرَأَةٌ خَافَتْ مِنْ بَعْلِهَا نُشُوزًا أَوْ إِعْرَاضًا فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا أَنْ يُصْلِحَا بَيْنَهُمَا صُلْحًا ۚ وَالصُّلْحُ خَيْرٌ ۗ وَأُحْضِرَتِ الْأَنْفُسُ الشُّحَّ ۚ وَإِنْ تُحْسِنُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا 
Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu bergaul dengan isterimu secara baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An-Nisaa : 128)

# Cara menghilangkan syuhun: 1. Bertakwa sesuai kesanggupan 2. Berinfak

# Acara di Istiqlal kemarin terbilang sukses. Mampu memenuhi hingga lantai 4 (sekitar 15.000 jamaah) padahal persiapan acara hanya 6 hari. InsyaAllah ini semua karena keikhlasan para panitia dan jamaah.

# Makna hikmah: 1. Nubuwah (kenabian) 2. Pemahaman akan Qur'an 3. Sesuainya perkataan dan perbuatan 4. Pengetahuan yg mendalam tentang agama 5. Taat pada perintah2 Allah karena didasari pada kesadaran

# Jika digabungkan maka hikmah itu adalah Pengetahuan yg mendorong pada amal soleh seperti yg dicontohkan Nabi dan dikehendaki Allah.

# Tidak semua orang mendapatkan hikmah. Hanya yg dikehendaki Allah.

# Kesimpulan: Setelah memberikan harta yg baik maka kita diharapkan bisa memberikan hikmah atau memberikan yang tidak berorientasi hanya pada lahiriah saja.

(diringkas oleh @MaryuPustakawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya

Emas Mini

Entri Populer