28 Apr 2016

Hati-Hati dengan Apa yang Kita Makan

Zat berbahaya dalam makanan ditemukan pada Ikan tuna mengandung formalin, kue-kue seperti keripik pisang yang mengandung boraks. Jelas zat tersebut dapat memicu penyakit, kanker salah satunya. Bahkan ditemukan daging bakso celeng di Sukabumi, Jawa Barat.

Kamu adalah apa yang kamu
makan. Qur'an dan Sunnah sangat ketat memperhatikan makanan. Kriteria yang pertama yaitu halal dan yang kedua yaitu thoyyib. Halal bukan sekedar zatnya, tetapi juga proses pengolahan. Prosesnya pun bukan sekedar pengolahannya tetapi proses mendapatkan atau membeli makanan tersebut.

Adab menyantap makanan dalam Islam, antara lain:
1. Adab sebelum makan dengan menucuci tangan dan berkumur,
2. Berdo'a sebelum makan
3. Duduk
4. Tidak berbicara
5. Tidak berlebihan
6. Tidak mencela makanan
7. Memuji makanan
8. Berdo'a setelah makan
9. Mencuci tangan
10. Mencuci peralatan makan.

Agama melihat dari segi fisik dan metafisik (keimanan). Pencernaan kita mempunyai insting yang akan dipengaruhi oleh otak. Makan tanpa baca basmalah rentan mendapatkan racun. Tutup makanan saat malam hari agar tak mudah dicampuri oleh setan.

Makanan yang kita makan harus lengkap empat sehat lima sempurna. Diet itu bukan ingin mengurangi lemak tetapi mengatur pola makan.

Memilih makanan halal diperintah dalam Islam. Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 168 memerintahkan kita mencari rezeki yang halal. Muslim perlu wara' (hati-hati) dalam memilih makanan agar dapat meraih keberkahan hidup. Lebih baik membuat makanan sendiri.

Semua makanan adalah halal kecuali yang diharamkan. Berbeda dengan ibadah yang semuanya diharamkan kecuali yang diperintahkan. Makanan halal yang bercampur dengan yang haram maka sudah pasti menjadi haram. Mereka yang gemar memakan yang haram maka kerap melakukan yang dilarang dalam Islam.

Hal-hal yang dihalalkan Allah maka sudah pasti itu baik bagi badan dan jiwa kita. Halal dan haram dilihat dari tiga hal yaitu zat, proses dan pola konsumsinya. Penyakit-penyakit yang timbul ketika usia lanjut adalah karena pola hidup ketika muda yang tidak baik. 

= = = = =

Program Makna & Peristiwa TVOne Setiap Senin-Jumat Pkl. 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, DR. Wahyudi David, M.Sc (Pakar Teknologi Pengolahan Makanan), Yeyen Lidya (Artis), Teuku Wisnu (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Emas Mini

Entri Populer