Assalamualaikum twips, saya (@abdullahhaidir1) mau bahas masalah qurban, mungkn sdh sering dibahas, tak mengapa, agar semakin mantap dn termotivasi...
1. Ibadah qurban dlm teks2 hadits disebut dg istilah udhiyah أضحية begitupula dlm catatan kitab2 fikih klasik.
2. Para ulama sepakat (ijmak) bhw ibadah qurban disyariatkan dlm Islam, berdasarkan Alquran hadits dan ijmak.
3. Dalil ttg syariat qurban adalah surat Al Kautsar ayat 3
فصل لربك وانحر
Shalatlah utk tuhanmu dan berkurbanlah...
4. Shalat yg dimaksud dg ayat tersebut adalah shalat Idul Adha. Sedang
dr hadits, Nabi saw perintahkan dan beliau lakukan langsung...
5. Karenanya syariat qurban ini sangat kuat landasannya. Bahkan dia
termasuk syiar Islam...yaitu ibadah yang tampak dan terlihat...
6.
Namun para ulama berbeda pendapat tetang "bobot" syariatnya. Ada yg
mrngatakan wajib ada yg mrngatakan sunah mu'akkadah. Inilah fikih.
7.
Jumhur (mayoritas) ulama; Mazhab Maliki, Hambali dn Syafii berpendapat
qurban adalah sunnah mu'akkadah; yaitu sunah yg sangat ditekankan.
Adapun mazhab Hanafi berpendapat bhw berkurban hukumnya adalah wajib.
Tentu hal ini, apakah dia sunah atau wajib, terkait dg mrk yg mampu
9.
Namun hal tsb bukan berarti masalah qurban dianggap sepele. Krn yg
menganggap sunah pun tdk sekedar sunah, tp sunah muakkadah...
10.
Sunah muakkadah artinya, jika masih dpt melakukannya hendaknya jgn
ditinggalkan. Sebagian ulama nyatakn meninggalkannya makruh...
11.
Bahkan Nabi saw bersabda "Siapa yg mampu namun tdk berkurban, maka jgn
dekati mushalla kami." Semacam penegas agar tdk remehkn berkurban
12. Diriwayatkan bahwa sejak disyariatkan berkurban, nabi saw selalu berkurban setiap tahun.
14.
Jadi, selagi mampu, usahakanlah berkurban, jgn diremehkn krn dia sunah
yg sangt diteknkn tp jk tak mampu jgn dipaksakn krn dia tdk wajib
16.
Yg saya maksud dlm hal ini adalah bhw substansi qurban adalah ibadah
dan syiar Islam...sedang aspek sosialnya bersifat ikutan...
17.
Artinya, jgn sampai ada yg berkesimpulan, ketimbang uangnya utk beli
kambing, lebih baik langsung disalurkn ke fakir miskin..lebih nyata
18.
Masing2 sdh ada tempatnya dan alokasinya...sadaqah thd pakir miskin
sangat dianjurkan...namun di hari raya qurban, berkurban lebih utama
20. Jadi sungguh tdk dibenarkan kalau ada anggapan tdk perlu berkurban
tp gunakan saja uangnya utk sadaqah...masing2 ada waktu dn tempatnya
21. Di sisi lain, jika tdk mampu beli hewan qurban, mestinya seorang
mukmin tdk merasa santai begitu saja, setidaknya ada niat berkurban
22. Dia harus kuatkan niat, jika tahun ini saya tdk dapat berkurban tahun depan atau berikutnya saya harus bs berkurban...
23. Apakah dgn menguatkan azam dan usahanya agar nanti kuat beli jewan qurban atau kah dengan menabung dan mencicil sendiri...
25. Disamping hal tsb dpt dikatagorikan sebagai niat saleh yg sudah tercatat sbg pahala amal walau blm terlaksana....