28 Okt 2017

Ust. Hanan At-Takki: Jomblo Penyebab kemacetan


Ust. Hanan At-Takki memberikan tausyiah di Masjid Al-Hijri dengan tampilan berbeda dengan Ustadz lainnya. Mengenakan kupluk, kemeja kotak-kotak dibiarkan terbuka dan dalaman kaos.

Diawal ceramah Ust. Hanan mengatakan bahwa setiap ceramah di sebuah daerah beliau mendoakan supaya jumlah jomblonya berkurang.

Ada keuntungan jika jomblo berkurang maka akan mengurangi kemacetan. Keuntungan dari segi fikih, melepas jomblo berarti menyempurnakan agama.

Islam datang ketika ada permasalahan umat pada masa dahulu. Ketika berdakwah maka Bashiron wa Nadzhiron. Berikan kabar gembira terlebih dahulu, jangan seenaknya mencap neraka atau kafir.
Ketika menghadiri majelis ilmu, maka jadikan ilmu yang kita cari sebagai kebutuhan kita. Sehingga tidak ada beban ketika menghadiri majelis ilmu.

Dalam surat Al-Ashr dijelaskan bahwa orang beriman itu menakjubkan. Maka tidak cukup kita menjadi insan. Upgrade lah menjadi insan yang beriman. Jika kita ingin survive dalam hidup maka tambah iman kita.

Tidak semua sahabat hapal 30 juz. Tidak semua sahabat hapal ribuan hadits. Orang beriman bukan berarti harus punya ilmu yang banyak. Puncak ilmu adalah ketika ia takut kepada Allah dan yakin dengan kehidupan akhirat.

Beruntung yang didapat bagi orang beriman. Apakah cukup dengan beriman? Tentu tidak. Maka lakukanlah amal sholeh. Cukup tidak berbuat dosa. Jika tidak buat berdosa maka pahala yang dilakukan.

Amal sholeh bukan hanya shalat, zakat, dll. Berolahraga pun termasuk amal sholeh. Bahkan sangat dianjurkan berolah raga karena mukmin yang kuat lebih baik dengan mukmin yang lemah.
Terakhir, jangan baper ketika ada nasihat yang mampir di telinga kita. Wa tawashaubil haq wa tawashaubil shabr.


Emas Mini

Entri Populer