28 Mar 2011

Akselerasi Pengadaan Buku di Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Aktivitas Akselerasi Pengadaan Buku
Upaya pengadaan koleksi di Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah dapat dilaksanakan dengan pembelian dan hadiah. Proses pembelian dilaksanakan dengan cara tender, maksudnya Perpustakaan Utama mengundang beberapa penerbit untuk memaparkan harga yang dapat  diberikannya untuk koleksi yang ingin dibeli oleh Perpustakaan Utama. Penerbit yang dapat memberikan harga yang sangat minimal, maka penerbit tersebutlah yang akan dipilih oleh Perpustakaan Utama. Sedangkan untuk proses hadiah, Perpustakaan Utama menerima langsung koleksi yang disumbangkan, kemudian koleksi tersebut akan diseleksi sesuai dengan misi Perpustakaan Utama.
  Lembaga yang rutin memberikan sumbangan buku ke Perpustakaan Utama adalah The Asia Foundation (TAF). Melalui pembelian, Perpustakaan Utama mendapatkan dana dari Badan Layanan Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (BLU). Sebelum buku-buku yang telah diperoleh tersebut siap dipakai oleh pemustaka (pengguna perpustakaan), maka tugas Perpustakaan Utama selanjutnya adalah mengolahnya. Untuk mempercepat proses pengolahannya, maka diadakanlah kegiatan akselerasi pengadaan buku.
            Untuk lancarnya kegiatan akselerasi pengadaan buku, digunakanlah satu ruangan khusus untuk melakukan pengolahan. Biasanya untuk kegiatan reguler pengadaan buku, digunakan dua ruangan, yaitu ruang pengadaan dan ruang pengolahan. Untuk kegiatan akselerasi, semua petugas melakukannya dalam satu ruangan saja. Perpustakaan Utama dapat menyelesaikannya dalam dua bulan, mulai tanggal 24 Januari 2011 dan selesai tanggal 22 Maret 2011.
            Tentunya melaui kegiatan akselerasi pengadaan buku, Perpustakaan Utama berupaya untuk mempercepat penambahan kuantitas dan kualitas koleksi perpustakaan. Sehingga pemustaka yang berasal dari civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan masyarakat lainnya dapat dengan segera memanfaatkan buku-buku yang baru tersebut.

Emas Mini

Entri Populer