26 Mar 2011

Pernyataan yang Salah: Belum Berjilbab Karena Menjilbabkan Hati Dahulu

Tulisan ini dari twit-nya Mbak HTR

Saya ingin berbagi pengalaman mengapa saya mengenakan #jilbab. Smg bermanfaat ya :)

Tp sebelumnya saya ingin kita saling menghargai soal #jilbab. Maka tulisan ini skdr sharing, bkn pemaksaan atas pemahaman :)


Saya pakai #jilbab th 1988, saat 18 th, masih SMA, tanpa paksaan siapapun, krn kesadaran sendiri hasil dari proses bljr kehidupan :)

Alasannya saya mengenakannya ada 8, tidak kurang dari itu :) #jilbab

1. Krn perintah Allah dlm Al Quran, Surat Al Ahzab 59 dan An Nuur 31. #jilbab

2. Krn #jilbab mnjadi identitas utama bagi muslimah. Dmnpun berada bila kita berjilbab kita akan dikenali sbg muslimah :)

Sepupu saya Astri Ivo mulai mengenakan #jilbab nya justru saat kuliah di Jerman :)

3. Dgn kenakan #jilbab, sy mrs lbh aman krn tdk diganggu, plg disapa dgn salamu' alaikum atau dgn panggiln bu haji (malah didoakan :))

Tentu akan berbeda perlakuannya bila saya mengenakan baju yg you can see everything :) #jilbab. Jd sy mrs nyaman begini :)

4. Dgn #jilbab saya merasa lbh merdeka dlm arti sebenarnya. Contoh: naik kendaraan apapun tmsk angkot sy bs duduk bebas, leluasa, santai.

Pdhl dulu waktu senang pakai rok mini, sy tersiksa sendiri menutupi paha saya dgn tas, duduk jg resah :) #jilbab mbuat sy merdeka :)

5. Dgn #jilbab sy merdeka dr pandangan org yg mengukur sy dr segi fisik. Sy tak lg diukur dr bsr kclnya betis, atau bagian tbh lainnya :)

Orang akan mengukur saya dari kebaikan hati dan kecerdasan saya, bkn fisik :) #jilbab

6. Dgn #jilbab maka kontrol ada d tangan perempuan :). Perempuan bebas mengontrol dan menentukan pria mana yg boleh atau tdk mlhtnya.

7. Bg seorg gadis, dgn mengenakan #jilbab pd dasarya ia sdh melakukan proses seleksi thdp calon suaminya kelak :).

8. #jilbab tak pernah mhalangi muslimah untk maju dlm kebaikan. Berprofesi, berkiprah, bercahayalah :)

Demikian alasan mengapa saya mengenakan #jilbab th 1988 hingga skrg dan smg selamanya istiqomah :)

Tentu saja #jilbab bkn satu2nya indikator ketakwaan seseorg. Tp jilbab menjadi salah satu realisasi amaliyah dr keimanan kita :)

Bg sy tdk perlu slg cibir mrk yg sdh bjilbab, yg #jilbab nya besar atau kecil, jg yg blm mengenakannya. Kita lakukan semampu kt :)

Hanya Allah yg berhak menilai mana yg lbh baik d antara kt. Jgn terlalu bangga dgn #jilbab tp jg jgn mcibir kalau blm mengenakannya :)

#jilbab bs menjadi terlihat buruk bila akhlak kita jelek. Hati2 jgn merusak citra muslimah dgn jilbab yg kt kenakan ya :)

Kalau blm bs ber #jilbab, tdk usah katakan: "kalau aku yg penting hati dulu dijilbabin". Tdk ada pemisahan hati dan kepala kok :

Pernyataan itu menyinggung sdr2 kt yg ber #jilbab. Mrk jg bkn kalangan yg sdh suci. Kita semua berproses. Allah yg Maha Tahu :)

Sbg bagian dr umat yg bsr ini, masalah #jilbab bkn mslh yg hrs dbesar2kn. Pakai dgn kesadaran. Jgn mengejek mrk yg blm. Rangkul :)

Sdh dulu ya, mau nulis disertasi :). Mhn maaf kalau ada yg krg berkenan atas penyampaian ini. Fastabiqul Khairat *jabathati* :) #jilbab

Helvy Tiana Rosa.

Emas Mini

Entri Populer