21 Apr 2011

Museum dan Makam Kartini Tak Terawat

Ketika membaca akun twitternya Sudjiwotedjo, yang isinya:

Inilah bangsa munafik. Saban tahun gembar-gembor soal ,tp museum Kartini di Jepara terbengkalai..ngenes kalau kau datang ke sana

Yup dua kali aku mampir di bekas rumah (museum) di Jln Alun2 no 1 Jepara pas ndalang di sana.Ngenes.Mangkrak terbengkalai...


Makamnya di rembang-blora tak terawat!!

Aku mencoba mensearch di google tentang kondisi Museum Kartini yang kata Sudjiwotedjo tadi kurang terawat, so informasi yang aku dapatkan, ada di bawah ini.

Aku baru coba mau berbagi dengan teman-teman di IC ini..
aku mungkin coba berbagi dari sisi budaya..
Di Indonesia kita tahu, banyak sekali museum, mulai yang berada di Ibukota Jakarta hingga sampai yang berada di Daerah.
Kebetulan sekali, minggu kemarin saya coba berkunjung ke Museum RA Kartini di Jepara.
Seperti yang kita ketahui, RA kartini terkenal sebagai pilar sejarah dalam hal pendidikan bagi kaum wanita diIndonesia.

Museum RA Kartini terletak di Jantung kota Jepara, pusat pemerintahan Kabupaten Jepara..
Museum ini terbagi menjadi 4 bagian.
Pertama adalah Museum Kartini
Kedua Museum Sasrokartono, Kakak RA Kartini yang berpengaruh terhadap kepribadian Kartini
Ketiga Museum Peninggalan barang-barang kuno yang ada di Jepara
Keempat adalah Museum Kerajinan Kota Jepara.

Seperti yang kita ketahui, hampir semua museum yang ada di Indonesia kurang (tidak) terawat, begitupula di Museum RA Kartini, Debu banyak yang tidak dibersihkan, Lukisan banyak yang tidak terjaga dengan baik.. bahkan ada yang sudah robek (untuk lukisan terntu dan dengan usia dari lukisan tersebut, sebenarnya tidak boleh memotret dengan Flash karena bisa merusak lukisan)
Untuk barang-barang antik yang terbuat dari Emas dan Platina sudah tidak ada, yang ada cuma fotonya saja.. dan itu HItam Putih yang entah dibuat tahun berapa, menurut penjaga Museum barang2 tersebut di bawa ke Museum Gajah, dan berita terakhir yang aku dengar, barang-tersebut sudah tidak berada disana..

Terus terang aku merasa sedih untuk hal-hal yang seperti itu saja kita tidak bisa mendatanya, apalagi dengan hal-hal besar yang terjadi didalam bangsa ini... cepat terlupa begitu saja... banyak PR yang tidak dikerjakan, masuk kedalam peti yang berdebu dan ditaruh diruang bawah tanah pojok museum yang tidak terawat..

Ini hanya opini saya sebagai awam..
Terimakasih

sumber: http://indonesiancommunity.multiply.com/photos/album/14/Museum_Kartini_Sejarah_bangsa_yg_tidak_terawat

Emas Mini

Entri Populer