14 Sep 2011

Cara Sang Istri Memohon Maaf



Kakanda yang soleh, maafkan kesalahan adinda. hm…. Apakah sang istri ini mengejek sang suami, atau memang sang istri menganggap suaminya yang soleh karena rajin shalat berjamaah di masjid? Atau hanya rayuan agar sang suami bekenan memaafkan? Sang suami kesal karena bosan mendengar permohonan maaf sang istri. Mohon maaf, eh… diulang lagi kesalahannya. Mohon maaf lagi, eh…diulang lagi kesalahannya. Bagaimana tak jengkel sang suami? Tapi sang suami harusnya ingat akan Allah yang tak bosan-bosannya memaafkan kesalahan hamba-hamba-Nya.

Adinda sadari perkataan adinda yang tak berkenan itu sebelum keluar dari mulut adinda. Adinda khilaf. Sang istri memang kadang mengeluarkan ucapan yang membuat jengkel sang suami. Sang suami tentunya marah dianggap remeh oleh sang istri. Sang suami yang sabar mungkin tak mempermasalahkan hal ini. Sang Suami tentunya masih ingat akan  kisah khalifah Umar Bin Khattab r.a. yang dimarahi istrinya. Namun sang khalifah tak membalas kemarahan istrinya.

Adinda kadang berfikir, adinda ini dianggap apa oleh kakanda. Jikalau sang istri tak memberikan pelayanan yang baik kepada sang suami, tentunya sang suami menganggap sang istri sebagai manusia yang tak berguna. Sudah tak memberikan pelayanan yang baik ditambah performance dan kesolehahan yang pas-pasan, tentunya menjadikan sang istri tak memiliki nilai tambah bagi sang suami. Mbok ya sadar jika performancenya pas-pasan perlu dibarengi dengan kesolehahan yang mantap.

Terkadang, sikap kakanda kepada adinda bisa membuat adinda sedih. Mungkin sang suami memberikan pelajaran kepada sang istri. Bagaimana rasanya jika dibuat sedih oleh sang suami. Maka seharusnya sang istri segera melakukan perubahan atas sikapnya yang membuat sang suami jengkel.

Bukankah pemimpin yang baik itu memberikan keteladanan, melayani, dan empati tehadap yang dipimpin? Maafkan adinda. Semoga kakanda berkenan memaafkan adinda. Begitulah seharusnya sebagai sang istri. Nasihati sang suami agar menjadi pemimpin keluarga yang amanah. Hiasi kehidupan dalam rumah tangga dengan saling memberikan nasihat-nasihat kebaikan antar sang suami dan sang istri. Agar kelak Allah melimpahkan kebekahan dalam rumah tangganya.  

Larangan Selatan, 14 September 2011, 01.16 WIB
Click here to get Duta Tebar Dakwah Online

Emas Mini

Entri Populer