Aswin Regawa, Manager Facebook Indonesia mengenalkan lebih jauh tentang jejaring sosial Facebook dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Perwakilan Facebook di Indonesia ini mengupas tuntas mengenai peranan Facebook dalam dunia kerja terutama ketika sebagian besar karyawan adalah pemilik akun di Facebook.
Aswin memberikan penggambaran Fcebook, yang juga menjadi alasan kenapa
jejaring sosial ini bisa digemari banyak orang, termasuk di dalamnya tentu saja
para karyawan. “Facebook is a place to shout, to post and to know more
about employee and the viceversa, employee can see their employer,” begitu
diungkapkan Aswin.
Ia juga menambahkan bahwa pada dasarnya orang Indonesia menyukai sharing,
sehingga statement, gambar dan video sering mereka post di facebook
mereka.
Satu tantangan penting bagi perusahaan, lanjut Aswin untuk memanfaatkan dan
menyikapinya dengan bijaksana, karena jika tidak, bukan tidak mungkin facebook
menjadi senjata yang mematikan bagi perusahaan. Aswin juga memaparkan, menurut
sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat, Facebook justru dapat
meningkatkan produktivitas karyawan jika digunakan pada saat yang tepat.
“Aplikasi Facebook yang dibuka karyawan sebagai selingan justru berakibat
baik dengan pada produktivitas, lebih baik daripada coffee break yang
diberikan kepada karyawan. Facebook dan sosial media lainnya membantu karyawan
melepaskan stress dalam bekerja,” tutur Aswin.
Namun Aswin juga mengingatkan, bukan berarti selalu demikian. Facebook jika
tidak dipergunakan pada situasi yang tepat justru berakibat buruk bagi
perusahaan. Misalnya saja bagi perusahaan yang membutuhkan banyak komunikasi
dan bergantung banyak pada koneksi internet. Pernah terjadi suatu kejadian
dimana seorang direktur gagal mengirim email karena bandwidth dikonsumsi oleh
sebagian besar pengguna Facebook dalam perusahaan tersebut.
Satu
kunci yang harus selalu dipegang oleh perusahaan adalah menetapkan kebijakan
yang tepat. “Yakni mengenai konten apa yang boleh di-share karyawan, yang
berkaitan dengan data perusahaan, juga tentang waktu penggunaan Facebook. Jadi,
tidak seharusnya Facebook dilarang dalam perusahaan, tetapi policy yang baik
harus dicanangkan untuk mengontrol penggunaannya,” tukas Aswin.