23 Apr 2012

Dahlan Iskan dan Nukman berbicara Manfaat Bersocial media

Nukman mengatakan bahwa para praktisi HR di Indonesia masih bersikap wait and see terhada fenonamena social media. “Memang ada ada hasil survei bahwa produktivitas menurun 1,5 kali setelah karyawan menggunakan social media, namun bukan itu intinya.

Nukman kembali mengingatkan, social media tidak bisa dihindari. “Lihat saja bahwa 80% aktivitas social media diakses dari smartphone, sehingga pelarangan akses social media hanya akan sia-sia saja. Jadi tipsnya sederhana, kuasai ilmu social media, nyemplung dulu, dan rasakan pengalaman di social media. Nanti akan ada insight, akan ada jawaban-jawaban dari persoalan yang muncul,” sarannya.

Dahlan Iskan memiliki pengalaman baru dalam bersocial media. “Saya sendiri juga heran, hanya dalam waktu 3 hari sejak saya punya akun di Twitter, followernya nambah terus hingga mencapai 50 ribu. Sekarang saya bingung mau ngapain, karena untuk menjawab semua mention jelas tidak mungkin khan,” katanya.

Namun demikian, Dahlan mengaku mendapat banyak manfaat dari social media. “Saya banyak teman tanpa harus ketemu, dan saya bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat,” imbuhnya.

Meski begitu, Dahlan harus tetap menjaga keseimbangan. “Benar bahwa dunia makin cepat berubah sehingga saya pun harus ikut arus tersebut. Di sisi lain, saya pun harus memastikan tetap ada orang yang mau panen padi di sawah maupun kelapa sawit di kebun-kebun,” tuturnya.

Tim PortalHR

Adsense Indonesia

Emas Mini

Entri Populer