19 Mei 2016

Do'a Terbaik, Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil


Zikir terbaik adalah laa ilaha illallah. Maka do'a yang terbaik adalah hasbunallah wa ni'mal waki. Bukan banyaknya zikir yang kita ucapkan tetapi zikir dan do'a yang manjur adalah yang
berkualitas, meresap ke dalam hati.


الَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِلَّهِ وَالرَّسُولِ مِنْ بَعْدِ مَا أَصَابَهُمُ الْقَرْحُ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا مِنْهُمْ وَاتَّقَوْا أَجْرٌ عَظِيمٌ (١٧٢)
الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ (١٧٣)
فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ وَاتَّبَعُوا رِضْوَانَ اللَّهِ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَظِيمٍ (١٧٤)
172. (Yaitu) orang-orang yang mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud). Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar.
173. (Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka Perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung".
174. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.

Efek do'a hasbunallah wa ni'mal wakil  (Ali-Imran: 172-174) ada tiga yaitu:
1. Kembali mendapat nikmat dan karunia yang besar
2. Tak akan mendapatkan bencana
3. Diliputi keridoan Allah

http://maryu-lisman.blogspot.co.id/p/blog-page.html
Yang perlu kita harapkan dari Allah adalah diberikan hidayah. Tentunya kita yang aktif menjemput hidayah dari Allah. Ketika sudah mendapatkan hidayah maka do'a dan zikir yang kita baca menjadi hal reflect bagi kita.

Tiga solusi dalam memecahkan masalah yang kita hadapi, antara lain:
1. Perbaiki hubunganmu dengan Allah maka Allah akan perbaiki hubunganmu dengan siapa saja. Percayakan pada Allah yang akan memperbaiki hubungan kita dengan orang lain.
2. Perbaiki sisi dalammu maka Allah akan membantu memperbaiki sisi luarmu.
3. Dahulukan kepentingan akhiratmu ketimbang semua kepentingan duniamu.


= = = = =
Tadabbur al-Qur'an Kamis Pagi Bersama Ust. Bachtiar Nasir di AQL Islamic Center

Emas Mini

Entri Populer