18 Mei 2016

Hutang, Tidak Sekedar Pinjam Uang

Ketika hutang memicu pembunuhan. Orang berhutang itu duka malamnya dan cemas siangnya. Hutang dibolehkan dalam Islam. Syarat hutang piutang
dalam Islam, antara lain:
1. Harta yang dihutangkan jelas halal
2. Tidak menyakiti orang yang dipinjamkan uang
3. Meminjamkan uang dengan penuh keridhoan
4. Tidak mengambil keuntungan bagi yang memberi hutang

http://maryu-lisman.blogspot.co.id/p/blog-page.html
32% warga Indonesia hobi berhutang. Untuk kebutuhan primer masih dianggap boleh kita berhutang. Misalnya berhutang untuk memiliki rumah atau kendaraan. Hutang harus sesuai dengan kebutuhan. Wajib mencatat atas hutang piutang yang dilakukan.

Melapangkan orang yang susah tentunya berpahala. Lebih utama memberikan hutang dibanding bersedekah. Karena rata-rata yang berhutang dikarenakan ada kebutuhan yang mendesak. Orang yang berhutang disarankan besarnya hanya 30% dari penghasilannya. Ketika membayar hutang etikanya memberikan hadiah kepada yang memberikan hutang yang besarnya tidak ditentukan sebelumnya oleh pemberi hutang. Hutang bukan hanya terkait uang. Hutang budi, hutang nyawa dan hutang darah misalnya tidak wajib dibayar.


Secara perencanaan keuangan, meminjam uang lebih dianjurkan meminjam kepada lembaga keuangan dibandingkan meminjam kepada perorangan. Hutang piutang sangat kaitannya dengan gaya hidup. gaya hidup tangan di atas tentu lebih baik.

Hutang jangan lakukan kecuali untuk kebutuhan primer. Yang berhutang harus yakin bisa membayarnya. Niat akan membayar hutang karena Allah. Jika terlilit hutang maka berniatlah untuk membayarnya, berusaha dan amalkan do'a-do'a khusus maka Allah yang akan membayarnya. Bagi pemberi hutang yang kesulitan mendapatkan bayaran hutangnya maka ikhlaskan saja. Ketika ada rasa ikhlas tentu hal tersebut sudah termasuk rizki dari Allah. Ketika suatu hari hutang tersebut dibayar maka itu termasuk bonus dari Allah.

= = = = =

Program Makna & Peristiwa TVOne Setiap Senin-Jumat Pkl. 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Chintami Atmanegara (Artis), Prita Ghozie (Pakar Perencana Keuangan), Zeezee Shahab (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Emas Mini

Entri Populer